Tips Berjualan Melalui WhatsApp



Tips Berjualan Melalui Whatsapp


Semakin banyak lapak tempat Anda berjualan, semakin baik. Artinya Anda tidak hanya mengandalkan satu lapak saja. Ini untuk mengantisipasi jika satu lapak Anda mengalami kemacetan, Anda masih memiliki lapak lain yang tetap berjalan.
Jika sebelumnya saya sudah membahas kiat berjualan online melalui sosial media facebook, twitter, dan instagram, kini saya akan membahasa bagaimana agar bisa berjualan via whatsapp, sebuah aplikasi yang terhubung dengan nomor ponsel yang ada di kontak Anda.
Diperlukan kiat-kiat yang tepat bila hendak memulai berjualan melalui whatsapp. Tepat dalam arti produk yang Anda pasarkan dapat diterima oleh konsumen dan mereka berkenan membelinya. Lalu apa saja tipsnya? Berikut tips berjualan melalui whatsapp.

1. Memperbanyak Teman
Dengan cara memperbanyak teman di whatsapp, Anda seperti membuka sebuah lahan baru untuk prospek pasar barang dagangan Anda. Karena semakin banyak teman yang Anda kenal dan miliki, maka peluang agar produk Anda dapat terjual juga akan semakin besar juga. Mengapa? Karena suatu saat teman-teman Anda di whatsapp akan mencoba menjadi reseller atas barang produk Anda. Atau kalau tidak dapat menjadi pengguna atas produk Anda.

2. Rutin Mengupdate Tampilan Foto
Bila Anda rutin mengupdate foto profil dengan foto barang produk yang akan Anda jual, maka akan semakin luas pula teman Anda yang mengetahui jenis barang produk yang Anda pasarkan. Dengan demikian dapat dikatakan terjadi efek domino penjualan pada foto yang Anda pasang. Karena semua berusaha menjual dengan tambahan keuntungan masing-masing.
3. Membuat Grup
Bila Anda telah mempunyai beberapa lapak di sosial media lain seperti facebook, twitter, dan instagram, berarti Anda telah menyimpan nomor kontak yang pernah bertransaksi dengan Anda. Nah, save-lah nomor tersebut, dan sortir mana yang menggunakan whatsapp. Setelah itu masukkan dalam grup khusus mereka yang pernah bertransaksi dengan Anda. Bila perlu Anda buat 1 grup lagi khusus untuk reseller-reseller Anda.

4. Upload Foto yang Elegan pada Grup dan Broadcast
Jika Anda memiliki produk yang juga dipasarkan oleh toko online lain, Anda harus menampilkannya dengan gaya yang lain. Anda dapat menyiasatinya dalam pengambilan foto atau penempatan produk dengan background yang menarik. Dengan demikian orang yang melihat foto Anda akan tertarik untuk membeli produk yang Anda upload. Perhatikan waktu ketika Anda mengupload dalam grup atau dalam pesan siaran. Terlalu sering, akan membuat mereka terganggu. Terlalu jarang pun akan dianggap toko Anda “tutup”. Maka tentukan waktu kapan saja Anda akan mengupload dan kapan saatnya Anda jeda.

5. Buat Kuis untuk Produk yang Banyak Dijual dan Buat Lelang untuk Produk yang Terbatas
Sekali-sekali, entah itu 1 kali dalam sebulan, buatlah sebuah event. Untuk Anda yang memiliki produk yang dijual oleh lapak lain, Anda tidak keberatan berbagi 1 produk untuk pelanggan Anda bukan? Anda bisa memilih produk yang harga pokoknya tidak terlalu mahal. Karena tidak mungkin Anda membagi kepada semua pelanggan Anda, maka Anda bisa membuat dalam sebuah kuis. Lalu untuk Anda yang memiliki produk yang terbatas di pasaran atau cukup banyak orang yang meminatinya, Anda dapat mengukur tingkat keberhargaan produk di pasar melalui sebuah lelang. Anda dapat membuka bid dari harga terendak atau harga pokok. Jangan lupa untuk membuat kelipatan yang unik agar peserta lelang memiliki antusias untuk mengikuti.

Demikian tips berjualan melalui whatsapp. Semoga Anda dapat semakin mengembangkan bisnis online Anda dengan berjualan di banyak tempat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Berjualan Melalui WhatsApp"

Posting Komentar