Jual Beli Online di Facebook Melalui Facebook Marketplace




Perusahaan media sosial Facebook sepertinya makin bernafsu untuk memperlebar jaringan bisnisnya pada bidang lain selain layanan social platform. Dari salah satu misi yang ingin dicapai, yakni menjadi tempat jual beli online terbaik bagi penggunanya.

Misi ini sebenarnya sudah dijalankan oleh facebook sejak tahun 2007 silam, namun tiada hasil yang maksimal. Sampai pada tahun lalu, melalui fitur jual beli yang diterapkan pada grup facebook, ternyata mampu menarik minat para penggunanya yang saat ini telah mencapai angka 50 juta per bulan dari seluruh dunia.


Guna semakin menyempurnakan fitur tersebut, dirilislah sebuah fitur baru yang diberi nama facebook marketplace. Seperti apa layanan jual beli ala facebook ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:
Apa Itu Facebook Marketplace?

Sederhananya, Facebook Marketplace dapat membuat setiap penggunamampu mencari dan menemukan produk yang dijual oleh orang yang ada di sekitarnya. Proses ini dapat dilakukan lebih cepat bahkan memungkinkan penjualan barang secara spontan.

Dengan mengintegrasikan melalui layanan Facebook Messenger, para pengguna yang berstatus penjual maupun pembeli nantinya dapat melakukan proses tawar menawar harga, menentukan metode pembayaran, bahkan mengatur jadwal pertemuan untuk proses pembelian. Hal ini akan membuat proses jual beli Anda jauh lebih mudah dan cepat.

Saat ini, fitur Facebook Marketplace hanya tersedia bagi para penggunanya yang berada di kawasan Amerika Serikat, Inggris, Australia, serta New Zealand. Fitur ini sudah tersedia untuk versi Facebook Mobile, dan kemungkinan dalam beberapa bulan ke depan fitur ini akan dirilis secara global bila hasil yang diraih cukup memuaskan.

Upaya Facebook Dalam Jual Beli Online
Bila menengok pada tahun 2007 lalu, facebook sudah berupaya untuk membuat platform jual beli online, dimulai saat melaunching sebuah fitur yang diberi nama marketplace. Melalui fitur itu, pengguna bisa menemukan daftar dari berbagai hal yang dijual termasuk properti, pencarian kerja, dan lainnya.

Namun upaya yang dilakukan tidak menunjukkan hal yang berpengaruh. Sampai pada tahun 2009, facebook menyerahkan operasional fitur ini pada startup Oodle. Lalu pada tahun 2014, fitur ini resmi ditutup dengan alasan sepi peminat.

Tak ingin berhenti sampai di situ, pada tahun 2015 facebook melaunching sebuah fitur baru di mana pengguna bisa membuat sebuah posting berisi tawaran penjualan produk di sebuah halaman group. Tak berapa lama, nyatanya fitur ini mendapat tanggapan yang cukup baik, bahkan digunakan oleh hampir seperempat dari total pengguna aktif facebook.

Langkah berikutnya yang ditempuh oleh Facebook bergulir pada bulan Oktober 2015, ketika perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini melakukan uji coba fitur baru bertajuk “Local Market”. Dan fitur inilah yang menjadi cikal bakal dari Facebook Marketplace yang akhirnya di rilis menjelang tutup tahun 2016.

3 Fitur Utama Facebook Marketplace
Meskipun belum dapat dinikmati oleh semua pengguna secara global, fitur Facebook Marketplace dinilai mempunyai potensi yang baik, terlebih Facebook sudah mempunyai pengalaman selama beberapa tahun untuk mengembangkan platform jual beli online. Setidaknya ada 3 fitur utama dari Facebook Marketplace, yakni pencarian pembelian, menjual barang serta pencarian di kawasan sekitar.

Fitur pertama yakni pencarian barang, memungkinkan setiap pengguna untuk mencari dan memfilter daftar barang yang dapat kita beli dari sebuah komunitas tertentu. Kemampuan ini dapat dikembangkan berkat adanya teknologi Text Analysis AI yang dikombinasikan dengan Facebook Page tertentu yang disukai oleh pengguna. Dari situlah nanti, akan muncul serangkaian daftar berdasarkan relevansi produk yang kemungkinan disukai oleh pengguna.

Bagi mereka yang ingin membeli, ada beberapa pilihan text instant yang bisa digunakan untuk membuka percakapan transaksi. Teks tersebut diantaranya yakni, “Apakah barang tersebut masih tersedia?” serta “Bagaimanakah kondisi dari barang tersebut?”. Dengan begitu, proses jual beli personal semacam ini bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Fitur yang kedua yakni menjual barang. Tanpa perlu membuat halaman khusus yang berisi daftar barang yang anda miliki, kita tinggal mengupload foto dari produk tersebut kemudian memberikan deskripsi serta harga yang ditawarkan. Dari situ pengguna tinggal memasukkan pada daftar atau listing produk yang telah disediakan.

Dan fitur ketiga yang juga cukup menarik yakni melakukan pencarian di kawasan sekitar. Seperti yang telah digambarkan pada awal artikel di atas, bahwa nantinya dengan Facebook Marketplace, pengguna bisa mencari produk-produk yang ditawarkan oleh pengguna yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Keuntungan dari fitur ini yakni, kita bisa lebih cepat untuk mendatangi si penjual jika memang tertarik dengan produk yang dijual. Selain itu, fitur ini juga mendorong peningkatan penjualan lokal termasuk yang di tawarkan oleh UKM.

Penjelasan lebih lengkap tentang Facebook Marketplace tentu masih panjang. Namun secara umum itulah gambaran yang bisa kita tangkap dari fitur yang satu ini. Jika memang fitur tersebut jadi diperkenalkan secara umum, semoga bisa semakin memberikan manfaat bagi pengguna utamanya yang berada di Indonesia.

Sumber: maxmanroe.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Jual Beli Online di Facebook Melalui Facebook Marketplace"

Posting Komentar