Menyiasati Stres ala Orang Sukses



Menyiasati Stres Ala Orang Sukses

Siapa saja pasti pernah mengalami stres dalam hidupnya. Apalagi bagi kita yang masih berada pada usia produktif untuk tetap melakukan aktivitas sehari-hari. Dari fenomena ini, ada orang yang akhirnya larut dalam stres, ada pula yang berbuat sesuatu untuk menghilangkan stresnya lalu kembali kepada rutinitasnya. Beragam cara dilakukan orang guna menghindari stres dan tetap bersikap tenang untuk menghadapi beragam situasi yang sering berubah. Apa saja sih? Simak enam tips menyiasati stres ala orang sukses berikut ini.


1.  Terorganisir
Pastikan segala sesuatu yang akan kita lakukan terorganisir dengan baik. Entah itu bisnis, pekerjaan kuliah, sampai tatanan barang di kantor dan tempat tinggal kita. Segala hal yang tidak rapi dan berantakan lambat laun membuat otak mengalami stres. Sempatkan 10 menit setiap hari, saat pulang dari aktivitas untuk merapikan hal-hal di sekeliling kita.


2.  Monitor kemajuan
Catat sudah sejauh mana Anda sudah menyelesaikan hal-hal yang akan dilakukan. Buat to do list sebelumnya, sehingga Anda bisa mengevaluasi mana rencana yang tercapai mana yang tidak.


3.  Berpikir positif
Tanamkan selalu pikiran positif dalam benak Anda. Berpikiran negatif dan pesimis terhadap sesuatu yang tidak bisa Anda capai hanya akan semakin memperkeruh pikiran Anda. Tetaplah optimis target Anda akan berjalan sesuai rencana.


4.  Makanan bergizi
Jangan lupakan asupan gizi Anda, mulailah sarapan dengan makanan yang bergizi, yang mengandung telur, sayur, atau bila tidak sempat membuatnya, Anda dapat memakan roti. Perhatikan cemilan Anda, jangan sampai mengonsumsi terlalu banyak gula, apalagi gula yang terkandung dalam hidangan siap saji. Makanan bergizi dapat memberikan perlindungan bagi otak dari stres.


5.  Gerakkan Tubuh Anda
Jika merasa penat saat sedang beraktivitas, rehatlah sejenak dengan berjalan-jalan di sekitar tempat kerja. Berjalan-jalan seperti itu akan memberikan penyegaran sesaat, karena otak melepaskan hormon endorphin sehingga memberikan rasa yang lebih tenang.


6.  Jangan Mengeluh
Jangan banyak mengeluh terhadap keadaan di sekeliling Anda. Kadang kita mengeluh bila ada target yang tidak tercapai atau memiliki masalah dengan seseorang. Padahal bisa saja kita yang kurang disiplin dan kurang bisa memahami orang lain. Baiknya melakukan introspeksi dan memandang segala sesuatu secara proporsional, bukan menuruti ego Anda sendiri.


Demikian tips menyiasati stres ala orang sukses. Semoga bermanfaat.


Sumber: www.ciputraentrepreneurship.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Menyiasati Stres ala Orang Sukses"

Posting Komentar