Adakah di antara Anda yang sering melihat postingan heboh
di facebook? Pasti ada, entah itu kehebohan terhadap sebuah peristiwa, isu,
atau yang lainnya. Yang pasti peristiwa tersebut sudah cukup mengundang
perhatian pengguna untuk membacanya dengan saksama hingga postingan tersebut menjadi viral.
Kepekaan seseorang terhadap setiap kejadian di sekelilingnya ditambah melek akan teknologi membuat siapapun dapat menangkap informasi apapun dengan cepat. Sang pemosting pun belum tentu menyangka postingannya akan mendapat banyak perhatian. Ia hanya berniat memberikan informasi terhadap apa yang baru saja dialami atau disaksikannya. Bila itu adalah peristiwa yang buruk, ia berharap tidak ada orang lain yang mengalaminya lagi. Atau bila postingan itu mengandung perlawanan atas sesuatu yang sudah lazim dilakukan padahal itu salah, ia ingin agar semua orang berani melakukan hal yang sama bila kelak menemui kejadian serupa.
Kepekaan seseorang terhadap setiap kejadian di sekelilingnya ditambah melek akan teknologi membuat siapapun dapat menangkap informasi apapun dengan cepat. Sang pemosting pun belum tentu menyangka postingannya akan mendapat banyak perhatian. Ia hanya berniat memberikan informasi terhadap apa yang baru saja dialami atau disaksikannya. Bila itu adalah peristiwa yang buruk, ia berharap tidak ada orang lain yang mengalaminya lagi. Atau bila postingan itu mengandung perlawanan atas sesuatu yang sudah lazim dilakukan padahal itu salah, ia ingin agar semua orang berani melakukan hal yang sama bila kelak menemui kejadian serupa.
Lalu, apa saja penyebab sebuah postingan di facebook dapat
menjadi viral?
1. Informasi dapat Menyentuh Emosi
Pembaca
Adanya
sebuah informasi yang mengundang banyak perhatian tak lepas dari tersentuhnya
emosi siapapun yang membaca. Entah itu dalam bentuk Awe/kekaguman, Anger/kemarahan, Surprise/kejutan,
Joy/kebahagiaan, Lust/minat, Anxiety/kecemasan, atau Fear/
ketakutan. Bila sebuah konten mengandung sesuatu yang dapat menyentuh sebagian
orang melalui beragam perasaan itu, ia akan merasa perlu membuat tindakan dengan
mengomentari atau mensharenya. Itulah yang membuat sebuah postingan dapat
menjalar dengan cepat di sosial media, tak peduli siapa dan berlatar belakang yang
membuat.
2.
Rasa Ingin Tahu yang Tinggi
Rasa ingin tahu seseorang terhadap
sesuatu yang sedang up to date menjadi
salah satu penyebab sebuah postingan dapat menjadi viral. Tanpa ada rasa ingin
tahu tak mungkin seseorang berniat membaca apalagi mensharenya. Rasa penasaran
dalam sosial media kebanyakan terhadap sesuatu yang tidak lazim terjadi,
seperti seorang pengguna sepeda motor berhenti di depan bus yang melawan arus,
atau curhatan seorang tamu rumah
makan pinggir jalan mengenai harga menu makanan yang selangit. Rasa ingin tahu
pun tidak sebatas pada tulisan, video, atau foto sang pengunggah, tapi juga
terhadap komentar-komentar para netizen yang
telah banyak ‘berteriak’ dalam postingan itu.
Kemudian bila Anda hendak mencoba
membuat sebuah postingan yang memiliki kemungkinan terjadi viral di sosial media,
apa saja tipsnya?
1.
Abadikan Setiap Informasi yang Anda Temui
Terkadang sesuatu tak terduga dapat
terjadi di sekeliling kita. Bila kita sudah memiliki rasa untuk saling berbagi,
dan suatu ketika kita berpapasan dengan informasi yang layak dibagi, abadikan informasi
itu dalam bentuk tulisan atau visual. Lalu sampaikan kepada khalayak melalui
akun sosial media yang Anda miliki. Tak perlu memiliki tujuan agar postingan
Anda dapat tersebar ke segala penjuru, cukup sampaikan hal unik atau tak lazim
yang dapat dipetik hikmahnya bagi semua pembaca.
2.
Kemas Konten dengan Menarik
Peristiwa unik belum tentu menjadi
viral dengan kemasan yang singkat dan biasa saja. Menariknya sebuah konten tidak
berarti tulisan harus bagus dengan tampilan visual yang tak kalah bagus. Anda
dapat membuat kronologi yang detail dengan ungkapan-ungkapan bombastis yang
dapat menggugah emosi pembaca.
3.
Saling Bertegur Sapa dengan Sesama Pengguna
Traffic
facebook dipengaruhi interaksi Anda
terhadap teman-teman di friendlist. Jika
Anda jarang ‘mampir’ di status mereka, jangan harap mereka mau mampir di status
Anda. Rajin-rajinlah berbaur, jika malas memberikan komentar, cukup memberikan
jempol.
4.
Hati-hati Mem-publish Konten
Berhati-hatilah dalam melakukan ini,
salah-salah postingan Anda dapat menjadi viral bukan karena unik, tapi karena
kecerobohan Anda sendiri, sehingga yang tampil malah konten negatif. Misal niat hati berbangga telah berhasil memburu
hewan langka, Anda malah menjadi sasaran bully
karena hewan tersebut adalah hewan yang dilindungi. Sehingga bukan hanya sanksi hukum yang mengintai Anda, tapi
sanksi sosial dalam waktu yang cukup lama. Tetaplah melakukan hal-hal baik,
dengan memberitakan yang baik-baik. Bukan tidak mungkin bila melakukan hal
kurang baik, Anda yang akan menjadi ‘bahan’ postingan seseorang.
Itulah sekilas mengapa sebuah postingan di facebook dapat menjadi viral. Semoga Anda makin bijak dalam memberitakan sesuatu di media sosial.
Mantap artikelnya, kunjungi juga blog kami:
BalasHapuspt ncs
pt ncs