Mengapa Postingan di Facebook Dapat Menjadi Viral?

Postingan Viral di Facebook

Adakah di antara Anda yang sering melihat postingan heboh di facebook? Pasti ada, entah itu kehebohan terhadap sebuah peristiwa, isu, atau yang lainnya. Yang pasti peristiwa tersebut sudah cukup mengundang perhatian pengguna untuk membacanya dengan saksama hingga postingan tersebut menjadi viral.
 
Kepekaan seseorang terhadap setiap kejadian di sekelilingnya ditambah melek akan teknologi membuat siapapun dapat menangkap informasi apapun dengan cepat. Sang pemosting pun belum tentu menyangka postingannya akan mendapat banyak perhatian. Ia hanya berniat memberikan informasi terhadap apa yang baru saja dialami atau disaksikannya. Bila itu adalah peristiwa yang buruk, ia berharap tidak ada orang lain yang mengalaminya lagi. Atau bila postingan itu mengandung perlawanan atas sesuatu yang sudah lazim dilakukan padahal itu salah, ia ingin agar semua orang berani melakukan hal yang sama bila kelak menemui kejadian serupa.
Lalu, apa saja penyebab sebuah postingan di facebook dapat menjadi viral?

1.      Informasi dapat Menyentuh Emosi Pembaca
Adanya sebuah informasi yang mengundang banyak perhatian tak lepas dari tersentuhnya emosi siapapun yang membaca. Entah itu dalam bentuk Awe/kekaguman, Anger/kemarahan, Surprise/kejutan, Joy/kebahagiaan, Lust/minat, Anxiety/kecemasan, atau Fear/ ketakutan. Bila sebuah konten mengandung sesuatu yang dapat menyentuh sebagian orang melalui beragam perasaan itu, ia akan merasa perlu membuat tindakan dengan mengomentari atau mensharenya. Itulah yang membuat sebuah postingan dapat menjalar dengan cepat di sosial media, tak peduli siapa dan berlatar belakang yang membuat.

2.      Rasa Ingin Tahu yang Tinggi
Rasa ingin tahu seseorang terhadap sesuatu yang sedang up to date menjadi salah satu penyebab sebuah postingan dapat menjadi viral. Tanpa ada rasa ingin tahu tak mungkin seseorang berniat membaca apalagi mensharenya. Rasa penasaran dalam sosial media kebanyakan terhadap sesuatu yang tidak lazim terjadi, seperti seorang pengguna sepeda motor berhenti di depan bus yang melawan arus, atau curhatan seorang tamu rumah makan pinggir jalan mengenai harga menu makanan yang selangit. Rasa ingin tahu pun tidak sebatas pada tulisan, video, atau foto sang pengunggah, tapi juga terhadap komentar-komentar para netizen yang telah banyak ‘berteriak’ dalam postingan itu.

Kemudian bila Anda hendak mencoba membuat sebuah postingan yang memiliki kemungkinan terjadi viral di sosial media, apa saja tipsnya?

1.      Abadikan Setiap Informasi yang Anda Temui
Terkadang sesuatu tak terduga dapat terjadi di sekeliling kita. Bila kita sudah memiliki rasa untuk saling berbagi, dan suatu ketika kita berpapasan dengan informasi yang layak dibagi, abadikan informasi itu dalam bentuk tulisan atau visual. Lalu sampaikan kepada khalayak melalui akun sosial media yang Anda miliki. Tak perlu memiliki tujuan agar postingan Anda dapat tersebar ke segala penjuru, cukup sampaikan hal unik atau tak lazim yang dapat dipetik hikmahnya bagi semua pembaca.

2.      Kemas Konten dengan Menarik
Peristiwa unik belum tentu menjadi viral dengan kemasan yang singkat dan biasa saja. Menariknya sebuah konten tidak berarti tulisan harus bagus dengan tampilan visual yang tak kalah bagus. Anda dapat membuat kronologi yang detail dengan ungkapan-ungkapan bombastis yang dapat menggugah emosi pembaca.

3.      Saling Bertegur Sapa dengan Sesama Pengguna
Traffic facebook dipengaruhi interaksi Anda terhadap teman-teman di friendlist. Jika Anda jarang ‘mampir’ di status mereka, jangan harap mereka mau mampir di status Anda. Rajin-rajinlah berbaur, jika malas memberikan komentar, cukup memberikan jempol.

4.      Hati-hati Mem-publish Konten
Berhati-hatilah dalam melakukan ini, salah-salah postingan Anda dapat menjadi viral bukan karena unik, tapi karena kecerobohan Anda sendiri, sehingga yang tampil malah konten negatif. Misal niat hati berbangga telah berhasil memburu hewan langka, Anda malah menjadi sasaran bully karena hewan tersebut adalah hewan yang dilindungi. Sehingga bukan hanya sanksi hukum yang mengintai Anda, tapi sanksi sosial dalam waktu yang cukup lama. Tetaplah melakukan hal-hal baik, dengan memberitakan yang baik-baik. Bukan tidak mungkin bila melakukan hal kurang baik, Anda yang akan menjadi ‘bahan’ postingan seseorang.

Itulah sekilas mengapa sebuah postingan di facebook dapat menjadi viral. Semoga Anda makin bijak dalam memberitakan sesuatu di media sosial.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Mengapa Postingan di Facebook Dapat Menjadi Viral?"