Mengapa Bisnis Online Anda Tak Juga Berkembang?

Bisnis Online Tak Berkembang


Anda sudah berjualan online tapi penghasilannya segitu-gitu saja? Malah terkadang Anda merugi? Hmm, sepertinya ada yang harus dibenahi. Karena idealnya, pasar online itu amat luas dan tak terbatas, sehingga bila Anda menjual sesuatu dan target pasarnya tepat pasti akan diterima dengan baik.


Perlu diketahui, ilmu pemasaran online sangat penting dalam hal ini, dan itulah perlunya Anda harus terus belajar untuk mencapai target di bisnis online. Berikut beberapa penyebab mengapa bisnis online Anda tak juga berkembang atau dalam arti produk maupun jasa Anda sepi pelanggan:

1. Tidak Menguasai Pemasaran Online
Tidak menguasai pemasaran online menjadi alasan mengapa bisnis online Anda tak juga berkembang. Sebagai seorang pebisnis online Anda harus menguasai hal ini. Sebagai contoh adalah trik dalam memilih keyword yang berhubungan dengan bisnis Anda. Ya, keyword adalah kata kunci yang digunakan oleh user untuk dapat menemukan situs-situs di mesin pencari atau iklan dari produk maupun jasa di internet. Misalnya ketika Anda memiliki jasa online sebagai seorang penjual buku lawas, Anda tidak harus mencantumkan kata-kata rumit dalam website maupun halaman iklan Anda.

2. Tampilan Situs Kurang Menarik
Apakah sebuah tampilan situs website atau lapak online bisa berpengaruh? Tentu saja sangat berpengaruh. Ini adalah hal penting yang memang harus kita perhatikan jika ingin berhasil di bisnis online. Bagaimana mungkin orang akan tertarik untuk bertransaksi dengan kita ketika melihat halaman lapak online kita kurang sedap dipandang? Untuk itu Anda harus meluangkan waktu untuk memperbaiki tampilan situs atau lapak online sehingga akan menarik konsumen untuk menjelajahi website Anda hingga mau melakukan langkah selanjutnya, yaitu bertransaksi dengan Anda. Bila Anda tidak mampu melakukannya sendiri, minta tolonglah kepada teman Anda yang mumpuni dalam hal ini. Atau bila Anda memiliki anggaran khusus, Anda dapat mempekerjakan orang yang memiliki kapabilitas dalam memperbaiki tampilan situs website Anda.
(Baca juga: Apa Saja Ramuan Penting Agar Sukses Berjualan di Website?)

3. Minim Pemasaran via Media Sosial
Sosial media menjadi sebuah wadah yang cukup penting dalam mempromosikan toko online Anda. Terkoneksinya banyak orang dari berbagai latar belakang menjadi peluang manis bagi Anda untuk mendisplay produk atau jasa Anda. Namun sayang bila Anda tidak memanfaatkannya dengan maksimal.
Bila Anda kurang melakukan pemasaran atau kurang memberikan informasi produk dan jasa, toko online ada bisa sepi pelanggan. Padahal Anda sudah memiliki website yang menyertakan katalog produk, akan lebih maksimal kiranya jika Anda juga rajin melakukan promosi via media sosial, tentunya dengan cara yang baik.

4. Kurangnya Mitra
Networking atau mitra adalah hal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis online. Saat ini sedang populer, seorang pebisnis online penyedia produk atau jasa memiliki partner yang bertindak sebagai reseller. Para reseller ini adalah mitra yang akan membantu mengembangkan bisnis online Anda karena mereka juga memasarkan produk atau jasa Anda, tentunya mereka akan mengambil sedikit keuntungan dari selisih harga jual produk. Reseller bisa memiliki peran sangat vital karena mereka menjadi orang yang sering berhubungan langsung kepada end user atau pengecer lain. Selain reseller, mungkin Anda juga harus membangun relasi dengan orang yang bisa bertindak sebagai dropshipper. Nah untuk mendukung hal ini, sebagai penyedia produk tentu kita harus mempersiapkan diri dengan mempersiapkan proses packing dan pengiriman barang ke pembeli. 

Demikian artikel mengapa bisnis online Anda tak juga berkembang. Semoga setelah membaca artikel ini Anda dapat semakin mengembangkan bisnis online Anda.



sumber: www.ciputraentrepreneurship.com

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Mengapa Bisnis Online Anda Tak Juga Berkembang?"

Posting Komentar