Nih Cara Merawat Power Bank Agar Tahan Lama

Merawat Power Bank Agar Tahan Lama


Tingginya mobilitas seseorang dalam beraktivitas mempengaruhi banyaknya penggunaan daya pada smarthphone-nya. Apalagi smartphone di era sekarang memiliki daya yang lebih cepat terkuras karena penggunaannya yang cukup besar. Untuk itu dibutuhkan baterai cadangan, dalam hal ini lebih populer dalam bentuk power bank.
Power bank sangat membantu seseorang mengisi daya kapanpun dan di manapun tanpa harus didekatkan dengan stop kontak listrik. Sama dengan perangkat elektronik lainnya, perawatan alat ini dibutuhkan guna menjaga keawetan dan kualitas power bank itu sendiri. Nah, kalau sebelumnya sudah ada tips cara merawat baterai android, kini ada tips cara merawat power bank. Lalu, bagaimana cara merawat power bank agar tahan lama? Simak tips berikut ini.

1. Isi penuh power bank saat sudah akan habis
Pengisian power bank haruslah sampai penuh layaknya mengisi baterai di smartphone Anda. Mengapa? Agar smarthphone Anda dapat terisi dengan optimal. Pengisian power bank sampai penuh juga untuk memaksimalkan cycles dari baterai. Demikian pula isilah power bank saat sudah akan habis, jangan isi pada saat masih bersisa 1/4 atau lebih.

2. Lakukan pengisian smartphone saat baterai sudah akan habis
Isi smarthphone Anda saat sudah ada peringatan pengisian, biasanya pada saat baterai sudah tersisa 15 %. Selain akan memaksimalkan pengisian dari power bank, baterai smarthphone Anda juga akan awet.

3. Cukup gunakan power bank saat darurat
Jangan terlalu sering menggunakan power bank saat masih tersedia listrik di dekat Anda, karena akan mempercepat habis usia pakai power bank, juga menurunkan kualitas baterai smartphone Anda akibat tergantung dengan pengisian melalui power bank. Sejatinya power bank digunakan pada kondisi darurat, saat baterai dalam smartphone Anda habis dan Anda tidak menemukan stop kontak listrik.

4. Hindari pemakaian senter
Biasanya ada power bank yang dilengkapi dengan sistem alat penerang atau fungsi lainnya. alangkah baiknya bila fungsi ini tidak digunakan karena akan dapat mengurangi banyak daya pada power bank.

5. Pakai kabel charger dan adaptor bawaan smartphone untuk isi ulang power bank
Fungsi utama power bank adalah alat untuk menggantikan supply listrik sementara. Produksi power bank lebih difokuskan pada fungsi tersebut. Sehingga kabel, konektor, dan adaptor bawaan power bank tidaklah menjadi barang bawaan standar power bank yang berasal dari pabrik yang sama dan terjaga kualitasnya. Oleh karena itu sangat disarankan memakai kabel bawaan smarthphone Anda untuk menghubungkan power bank dengan smartphone

6. Jangan sampai jatuh
Power bank didesain sebagai perangkat yang tidak tahan pada bantingan. Sehingga apabila power bank jatuh, biasanya akan langsung rusak dan tidak dapat digunakan lagi.

7. Hindari suhu ekstrim
Penyimpanan power bank juga harus diperhatikan. Tidak boleh diletakkan pada tempat yang terlalu panas, juga terlalu dingin. Hal ini tentu saja dapat merusak komponen baterai. Apabila darurat, maka Anda harus menyiapkan tempat khusus agar suhu pada power bank tetap normal.

Itulah tips cara merawat power bank agar tahan lama. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Nih Cara Merawat Power Bank Agar Tahan Lama"

Posting Komentar