Memelihara Baterai Android Agar Tahan Lama





Aktivitas Anda yang padat memungkinkan Anda tidak bisa lepas dari smartphone android Anda. Ditambah android merupakan smarthphone yang membutuhkan daya lebih besar daripada ponsel biasa, membuat baterai android lebih cepat habis. Bahkan terkadang membawa powerbank rasanya tidak cukup. Lalu bagaimana menyiasatinya? Ada beberapa trik untuk membuat baterai android tahan lama.


  1. Pengaturan profil
Bila Anda sedang santai, Anda bisa menggunakan profil ‘diam’. Karena penggunaan nada dan getar dapat membuat baterai semakin berkurang. Atau bila Anda tengah berwisata dan membutuhkan android Anda hanya untuk berfoto, gunakan profil ‘pesawat’. Dengan profil tersebut android Anda akan tahan seharian karena sinyal yang tengah off tidak akan mengeluarkan banyak daya. Apalagi bila di tempat yang sulit mendapat sinyal. Semakin sulit mendapat sinyal, semakin besar daya yang dibutuhkan android untuk mendapat sinyal.

  1. Matikan konektivitas
Nyalakan semua konektivitas saat Anda membutuhkan saja. Paket data, Bluetooth, wifi, dapat Anda matikan bila penggunaannya sudah selesai. sering-sering Anda melakukan ini, baterai Anda akan lebih awet.


  1. Atur Suhu
Suhu android yang terlalu panas dapat menyebabkan baterai Anda cepat habis. Maka Anda bisa men-charger android Anda di tempat yang tidak panas. Hindari sinar matahari langsung dan lepas silicon android. Bila android sudah terasa panas ketika sedang dipakai, diamkan dulu agar suhunya normal.

  1. Perhatikan Setelan Ponsel
Jika tidak digunakan, Anda dapat mematikan GPS dan auto rotation, lalu kurangi time out layar, juga atur kecerahan layar Anda. Layar Anda semakin cerah, akan semakin cepat baterai Anda habis.


  1. Jangan Memakai Wallpaper Bergerak
Live wallpaper memang mempercantik tampilan android Anda. Namun bila Anda sering menggunakannya, dapat menguras baterai secara cepat. Cukup gunakan wallpaper
Jika anda menggunakan wallpaper animasi bergerak, maka baterai anda akan cepat terkuras habis. Anda bisa menggunakan wallpaper standar agar baterai hp android lebih hemat.

  1. Gunakan Headset
Gunakan headphone/headset bila Anda hendak mendengar musik. Hindari memutar musik dengan loudspeaker karena baterai android akan cepat habis. Dengan menggunakan headset, baterai akan lebih hemat dan irit.


  1. Perhatikan Penggunaan Flash
Untuk berfoto dengan kamera, matikan flash Anda jika berfoto di tempat yang terang. Gunakan flash jika hanya berada di tempat yang gelap/membutuhkan cahaya.


  1. Charger dalam Keadaan Mati
Usahakan charger android Anda dalam keadaan mati. Apalagi bila Anda hendak tinggal tidur, meninggalkan android dalam keadaan hidup dan dicharger dapat mengurangi kualitas baterai.

Demikian artikel memelihara baterai android agar tahan lama. Selain tips-tips di atas, diperlukan penghematan terhadap berbagai aplikasi agar kualitas android itu dapat terjaga.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Memelihara Baterai Android Agar Tahan Lama"