Suka Duka Menggunakan BBM untuk Berjualan Online

Suka Duka BBM untuk Berjualan Online

Produksi sebanyak-banyaknya, distribusi seluas-luasnya, konsumsi sekecil-kecilnya. Itulah prinsip dari seseorang yang akan memulai usaha. Berbagai cara harus dilakukan oleh seorang pemilik produk untuk memperluas usahanya. Jangan pernah merasa cukup bila Anda sebagai pemilik usaha telah mempromosikan produk Anda di banyak marketplace dan sosial media. Semakin banyak, semakin luas Anda telah membuat jaringan bisnis.
Salah satu media yang akan saya bicarakan sekarang ini adalah BBM (Blackberry Messenger). Mungkin bagi Anda ada yang sudah menggunakan aplikasi ini secara serius maupun sekadarnya saja. Aplikasi ini menawarkan layanan memasang foto dan status yang bisa dikomentari hanya secara personal. Serta bisa mengirim pesan siaran atau lebih dikenal dengan broadcast.
Sama seperti di media manapun, berjualan di BBM tentu ada suka dukanya. Apa saja suka duka menggunakan BBM untuk berjualan online? berikut suka duka menggunakan BBM untuk berjualan online.

Keuntungan Menggunakan BBM untuk Berjualan Online

1. Update Status sebagai Promosi
Tidak seperti platform pesan instan yang lainnya, BBM jauh lebih cerewet untuk masalah update status. Bagi seorang penjual online, menggunakan BBM merupakan sebuah keharusan jika ingin mendapatkan pembeli-pembeli baru yang berdatangan. Cukup dengan mengupdate status secara berkala, seluruh kontak anda akan mendapatkan pemberitahuan yang berisi kicauan status Anda.

2. Grup BBM untuk Pembeli Berpotensi
Layaknya Facebook, whatsapp, dan juga BBM memiliki grup untuk berdiskusi secara terbatas dengan orang-orang yang Anda undang untuk bergabung di grup yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan grup BBM, Anda sebenarnya sudah punya toko online sendiri dengan basis konsumen yang terbukti telah menjadi konsumen Anda. Updatelah produk-produk terbaru di grup BBM agar konsumen mengetahui informasi produk terbaru Anda secara ekslusif.

3. Kerahasiaan Lebih Terjaga
Update status dan gambar produk Anda di BBM akan dibaca oleh friendlist yang ada di kontak. Bila Anda hendak merahasiakan harga karena produk Anda langka atau jarang di pasaran, Anda bisa melakukannya. Mereka yang tertarik dengan produk Anda tidak akan segan untuk menghubungi Anda melalui PM (private message). Lain halnya bila Anda merahasiakan harga di postingan facebook. Mereka yang tidak suka dengan cara Anda akan langsung memberikan komentar negatif di kolom komentar. Dan itu bisa dilihat oleh siapa saja. Nah, di BBM, Anda bisa memakai strategi semacam itu karena tidak ada fitur yang memungkinkan orang lain melihat transaksi Anda.

4. Pesan Siaran (broadcast)
Seringkali penjual online menggunakan cara broadcast untuk mempromosikan produknya, pesan siaran seperti “Buku ini dicetak terbatas, hanya dijual di toko kami sehingga tidak dijual di toko buku manapun. Silakan PM untuk pemesanan”. Bila komunitas Anda adalah komunitas penyuka buku, pasti akan ada saja yang tertarik terhadap buku yang Anda tawarkan.

5. Ada Indikator Perpesanan
Indikator perpesanan disini maksudnya adalah BBM memiliki semacam pemberitahuan manakala pesan instan yang kita kirimkan itu sudah dibaca atau belum. Ada simbol untuk mengetahui pesan kita telah sampai, telah dibaca, tertunda, tidak terkirim. Kelebihan inilah yang menjadikan platform BBM menjadi primadona penjual online karena dengan melihat status perpesanannya kita sudah bisa menebak apakah pembeli ini serius atau hanya bertanya-tanya saja. Jika kita sudah mengirimkan detail sebanyak-banyaknya namun hanya dibaca saja oleh calon konsumen tanpa ada balasan, berarti calon konsumen tersebut tidak tertarik dengan produk Anda.


Kerugian BBM Untuk Jualan Online

1. Pesan Siaran Mengganggu
Mungkin Anda geram jika mendapati kontak yang sering melakukan pesan siaran apalagi jika isinya cuma “invite pin 7545678 ya olshop terpercaya” pasti sangat mengganggu Anda. Tapi bagaimana lagi, jika Anda sendiri yang mengundang mereka. Tapi jika mereka yang menginvite Anda, pasti langsung anda hapus dari daftar kontak BBM bukan? Pesan siaran seringkali menghiasi kotak pesan BBM kita dan sebenarnya pesan siaran seperti itu lebih banyak mengganggunya daripada manfaatnya. Orang-orang belum tentu berminat untuk membeli produk yang anda siarkan, alih-alih berpromosi malah kontak Anda dihapus oleh mereka.

2. Tidak Praktis
Manakala ada calon konsumen tertarik dengan produk Anda, mereka akan mengundang pin BBM Anda untuk mengajak bincang-bincang melalui BBM. Ketika anda sudah konfirmasi, lalu hilanglah peredarannya, butuh waktu berjam atau bahkan berhari-hari hingga calon konsumen itu sendiri yang memulai obrolan. Tapi, ketika sudah terjadi obrolan dan calon konsumen tidak tertarik dengan produk Anda, tanpa pamitan atau sejenisnya mereka langsung menghapus kontak Anda. Betapa repotnya calon konsumen tersebut memilih cara untuk mengobrol? kalau hanya untuk sekadar obrolan untuk bertanya mengenai produk, lebih baik pilih whatsapp saja yang jauh lebih praktis.

3. Grup BBM hanya 50 Orang
Dibandingkan grup facebook yang memiliki anggota tak terhingga, grup BBM hanya menyediakan ruang untuk 50 orang. Betapa sedikitnya jumlah anggota grup yang Anda masukkan? apakah dari 50 orang tersebut adalah pembeli potensial yang setiap Anda sodorkan produk terbaru langsung tertarik dan membeli produk Anda? tidak bukan?

Memang ada suka duka menggunakan bbm untuk berjualan online. Tergantung Anda mengelolanya dengan bijak dan maksimal, pasti akan banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. 

Sumber: www.ciputraentrepreneurship.com



Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Suka Duka Menggunakan BBM untuk Berjualan Online"

Posting Komentar