Bagaimana Menentukan Harga Jual Produk?

Menentukan Harga Jual Produk

Entah bagaimana menentukan harga jual produk. Mungkin Anda bingung dan bertanya-tanya bagaimana melakukannya. Kalau begitu, Anda tidak sendiri. Masih banyak pelaku bisnis yang masih bingung dalam menentukan harga jual produknya yang paling pas dan tepat.

Pastinya, di antara kita yang ingin/pernah membuka usaha seringkali dipusingkan soal bagaimana menentukan harga jual sebuah produk yang kita miliki. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa strategi dalam menentukan harga di bawah ini. Sehingga harga yang Anda tawarkan masuk di akal para pembeli.

Lalu, bagaiamana menentukan harga jual produk? Berikut faktor-faktor yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan harga jual:


1.      Harga pokok
Faktor pertama bagaimana menentukan harga jual produk adalah menentukan harga pokok. Harga pokok merupakan biaya untuk membeli atau mengadakan barang tersebut. Pengusaha bisa menentukan harga jual dengan melihat harga pokok plus biaya-biaya lain seperti biaya operasional, pengemasan, dll. Setelah itu, hitung keuntungan yang ingin didapat, maka akan keluarlah harga jual.


2.      Pelanggan
Anda harus memastikan bahwa harga jual yang ditetapkan akan dapat diterima oleh pelanggan. Harga sangat menentukan kualitas, artinya Anda harus meyakinkan pelanggan bahwa harga yang ditawarkan sepadan dengan kualitas barang tersebut. Jika Anda tidak mempertimbangkan faktor ini, bisa jadi produk yang di tawarkan tidak akan laku.
 (Baca juga: Tips Menghadapi Konsumen Pembanding Harga)


3.      Ketersediaan Produk
Harga jual bisa dilihat dari ketersediaan produk Anda di pasar. Jika produk sulit didapat sementara permintaan tinggi, Anda dapat mematok harga tinggi tanpa perlu melihat harga pasaran. Namun jika sebaliknya, maka Anda sebaiknya menetapkan harga rendah.


4.      Kompetitor
Diusahakan harga jual produk tidak beda jauh dengan harga kompetitor. Anda boleh menetapkan harga sedikit lebih tinggi, jika lokasi lebih strategis, tempat lebih mewah dan nyaman, pelayanan lebih cepat, atau pelanggan tetap sudah lebih banyak. Atau Anda dapat menetapkan harga lebih murah jika Anda masih baru merintis guna menghimpun semua pelanggan-pelanggan baru Anda.

5.    Diferensiasi Produk
Dalam berbisnis, Anda harus mempunyai keunikan tersendiri yang membedakan produk Anda dengan produk pebisnis lainnya. Jika Anda memiliki keunikan khusus yang pebisnis lain tidak bisa munculkan dalam sebuah produk atau jasa, Anda dapat member harga tinggi karena produk tersebut hanya bisa didapatkan melalui Anda.

 Demikian informasi bagaimana menentukan harga jual produk. Semoga Anda tidak bingung lagi dalam menentukan harga.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Bagaimana Menentukan Harga Jual Produk?"

Posting Komentar