Tips Menjadi Penjual Terpercaya




Menjadi pelaku usaha adalah sebuah pilihan hidup bagi sebagian orang. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama atau sampingan. Baik mereka yang fokus berwirausaha maupun yang cukup menjadikannya side job, sama-sama ingin menjadi penjual terpercaya bagi para pelanggannya. Apalagi berjualan melalui online, sebuah transaksi jual beli tanpa tatap muka. Tentu dibutuhkan kerja ekstra untuk meyakinkan bahwa Anda adalah penjual terpercaya. Lalu apa saja tips menjadi penjual terpercaya?

1. Jujur
Hal utama dari tips menjadi penjual terpercaya adalah jujur. Tanpa hal ini, ia tidak akan dipercaya oleh pembeli sebagai recommended seller. Penjual harus terbuka dan apa adanya dalam memberi keterangan mengenai kelebihan produknya dibanding kompetitor. Tidak ada informasi fiktif yang diberikan kepada calon pembeli, sehingga calon pembeli tidak ragu dengan produk yang Anda jual.

2. Fokus kepada pelanggan
Dalam dunia bisnis, pelanggan adalah asset utama Anda. Oleh kerenanya layani mereka sebaik yang Anda bisa. Lakukan pelayanan itu sejak mereka memesan barang sampai mereka menerima pesanan. Fokuslah agar mereka mendapatkan sesuatu yang bernilai dan bermanfaat dari produk yang kita jual.

3. Komunikasi yang positif
Lakukan komunikasi positif dan persuasif Jika ada pelanggan yang tertarik dengan produk kita. Perlihatkan antusiasme kita kepada pelanggan, dengan begitu kita akan terlihat bersungguh-sungguh dalam melayani calon pembeli.

4. Sistem pembayaran yang baik
Karena jual beli online adalah sistem yang harus didasari rasa saling percaya, asas kepercayaan inilah yang menjadi dasar bagi perkembangan bisnis online yang kita jalani. Buatlah alur pembayaran yang jelas sehingga pembeli dapat percaya kepada Anda. Bila mereka membutuhkan jasa pihak ketiga, jangan ragu untuk menggunakan jasa rekber.

5. Sewaktu-waktu, cairkan suasana
Ini bagi Anda yang berjualan di sosial media. Sewaktu-waktu, buatlah sebuah pembicaraan yang isinya bukan promosi produk Anda. Anda bisa membuat sebuah topik yang dapat membuat mereka terhibur. Begitu Anda dipandang sebagai penjual yang memiliki selera humor yang tinggi.

6. Respon dan delivery yang cepat
Bila seseorang ada yang berminat dengan produk Anda dan mulai menghubungi Anda, yang harus dilakukan adalah merespon dengan cepat (fast respons). Respon cepat menjadi sebuah syarat penting dalam berjualan online. Karena dengan respon yang cepat, calon pembeli akan menganggap Anda serius melayani mereka meskipun mereka baru sebatas hendak bertanya. Bila sudah terjadi deal dan order diterima, segera lakukan delivery yang cepat. Setelah itu langsung upload nomor resi pengiriman dalam website atau sosial media Anda. Ini menunjukan betapa profesionalnya Anda dalam bekerja.

7. Menerima kritik dan  masukan
Tentu bisnis yang kita lakukan tidak selalu berjalan mulus seperti yang kita inginkan. Akan ada hambatan yang muncul di tengah jalan bahkan saat kita sedang asyik-asyiknya menjalani bisnis. Seperti ada pelanggan yang tidak puas/kecewa terhadap produk kita, pelayanan kurang baik, lambat dalam merespon, atau waktu pengiriman yang sangat lama. Terima saja keluhan mereka, karena semuanya merupakan dinamika dalam berbisnis. Dengan mendengar dan menerima kritik serta masukan dari mereka, kita dapat lebih mengoptimalkan pelayanan kita ke depan agar menjadi lebih baik.

Seperti itulah tips menjadi penjual terpercaya. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani bisnis.

Dihimpun dari berbagai sumber

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Menjadi Penjual Terpercaya"

Posting Komentar