Agar Tetap Semangat Bekerja Meskipun Sedang Berpuasa

Umat muslim memiliki tanggung jawab besar pada bulan ramadhan. Di samping tanggung jawab untuk berpuasa selama 30 hari penuh, umat muslim memiliki kewajiban untuk tetap bekerja menghidupi diri dan keluarganya. Dan menjalani aktivitas bekerja saat puasa amat sungguh berbeda dibanding ketika dijalani pada hari biasa. Pada waktu puasa, tubuh menjadi sangat lemah dan lesu karena tidak ada asupan energi yang masuk ke dalam tubuh. Tapi, jangan jadikan itu alasan kita untuk mengurangi porsi kerja. Simak tips berikut agar tetap semangat bekerja meskipun sedang berpuasa.

1.    Banyak Mengonsumsi Air Putih
Seperti yang kita ketahui bersama, air putih memiliki peran yang amat penting bagi tubuh kita. Air putih harus banyak dikonsumsi saat buka dan sahur agar kita terhindar dari lesu saat bekerja. Setidaknya minimal 8 gelas per hari sudah harus Anda konsumsi. Dengan rutin meminum air putih, kadar oksigen dalam otak akan terus terjaga sehingga mengurangi kantuk dan lesu saat Anda tengah bekerja.




2.    Manfaatkan Waktu Istirahat
Siang hari ketika sedang berpuasa kamu bisa memanfaatkan tidur siang selama 30 menit sampai 1 jam. Hal itu bisa dilakukan setelah Anda menunaikan shalat zuhur. Tidur di siang hari dapat mengembalikan semangatmu untuk melanjutkan bekerja. Selain itu juga sebagai penyempurnaan waktu istirahat yang mungkin saja berkurang ketika dipakai untuk beribadah di malam hari seperti tarawih dan tadarus serta saat sahur tiba.



3. Jangan Membicarakan Hal Tidak Penting
Membicarakan hal—hal tidak penting hanya akan membuang energi saja selain akan mendatangkan mudharat bagi yang membicarakannya.energi yang terbuang sia-sia hanya akan mendatangkan haus pada kerongkonganmu. Sayang puasa Anda hanya menahan lapar dan haus tanpa mendatangkan pahala.



 4. Kurangi Aktivitas
Bila pada hari-hari biasa kamu termasuk orang yang aktif, ketika tengah menjalani puasanya baiknya kamu bisa mengurangi aktivitas yang sekiranya kurang penting. Bahkan disarankan berubah menjadi orang yang pendiam dan harus bijak memilah mana aktivitas yang menjadi prioritas mana yang bisa ditunda.



 5. Asupan yang Baik

Selain menjaga tubuh dari rasa lelah, asupan makanan juga berpengaruh terhadap puasa yang kamu jalani di kantor. Pilihlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan protein ditambah buah-buahan, jus buah, sayuran, dan susu. Makanan tersebut selain bisa membuat daya tahan tubuh kuat menjalani puasa di siang hari juga bisa membuat kita tidak malas dan tetap semangat menjalani aktivitas.



Demikian artikel agar tetap semangat bekerja meskipun sedang berpuasa. Semoga bermanfaat!

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Agar Tetap Semangat Bekerja Meskipun Sedang Berpuasa"

Posting Komentar